Ninja Muslim: BOLEH MEMBENCI MAKSIATNYA TAPI JANGAN ORANGNYA (SESAMA MUSLIM)



BOLEH MEMBENCI MAKSIATNYA TAPI JANGAN ORANGNYA (SESAMA MUSLIM)

By Imam Abu faQih
Dikeluarkan oleh Ibnu Asakir dari Abu Qilabah katanya, pernah Abu Darda bertemu dengan seorang yang telah melakukan perbuatan dosa. Orang-orang disekitarnya sedang mencaci maki orang itu. Tanya Abu Darda, "Bagaimanakah pendapat kalian jika kalian melihat seseorang tercebur di dalam sumur, apakah kalian akan mengeluarkannya?". Jawab mereka, "Ya." Kata Abu Darda, "Kalau begitu janganlah kalian mencaci maki saudaramu ini, tetapi pujilah Allah yang telah menjauhkan kalian dari perbuatan maksiat." Tanya mereka, "Apakah kamu tidak membencinya?". jawab Abu Darda, "Aku hanya membenci perbuatannya tetapi tidak membenci orangnya.". (Al Kanzu jilid 3 halaman 174).

Dikeluarkan oleh Abu Nu'aim dalam kitab Al Hilyah jilid 4 halaman 205 dari Ibnu Mas'ud katanya, "Jika kalian melihat salah seorang saudaramu melakukan perbuatan maksiat, janganlah kamu doakan kehinaan dan kemurkaan Allah bagi si pelaku, tapi doakanlah semoga Allah mengampuninya. Sesungguhnya kami para sahabat Muhammad saw tidak pernah mencaci maki seseorang yang telah berbuat salah, jika kami melihat seorang mati dalam keadaan yang baik maka kami yakin bahwa orang itu baik. Tetapi jika kami lihat orang itu mati dalam keadaan tidak baik, maka kamipun takut akan akibat yang menimpa orang itu. Maka kami berdoa semoga kami tidak dijadikan seperti orang itu."

Semoga Allah mudahkan kita untuk mengamalkan dan menyampaikan lagi pada saudara2 kita, teman2 kita yang belum bergabung di NINJA MUSLIM GROUP ini. amin
« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

0 Komentarz:

Posting Komentar